Thursday, January 24, 2019

Tutorial Cara Membuat Create, Read, Update dan Delete CRUD sederhana pada ASP.NET MVC

Cara membuat create, read, update dan delete (CRUD) pada ASP.NET MVC. Pertama kita harus menyiapkan entity data model, kemudian model agar lebih mudah model disini kita menggunakan model dari entity data model, yang ketiga adalah controller. Jika kurang paham silahkan melihat artiket Tutorial Membuat Web Aplikasi Untuk Pemula Mudah Dengan ASP.NET MVC dan SQL Server. Berikut adalah kode dari masing masing bagian.
  1. Index/List
    Method Index digunakan untuk menampilkan semua data mahasiswa.

  2. Create
    Method create get adalah http get request yang digunakan untuk menampilkan form create, sedangkan method create post adalah http post request yang digunakan untuk mengolah data dari form untuk disimpan di database.

  3. Update/Edit
    Hampir sama seperti method create, pada method edit get, sebelum form ditampilkan, data sudah disiapkan terlebih dahulu.

  4. Read/Details
    Method details disini sama seperti method edit get.

  5. Delete
    Hampir sama seperti method edit, pada method delete post, data akan dihapus sesuai dengan parameter nim yang diterima.



ASP.NET MVC menyediakan fitur membuat view dengan template secara otomatis dengan cara klik kanan ditengah method get kemudian add view. ubah view name agar sesuai dengan ActionName, ubah template dan model sesuai dengan yang akan digunakan.


Setelah semua view dibuat, ubah beberapa html yang berada di view index seperti gambar dibawah ini dan coba jalankan program.



Download Contoh Aplikasi dan database disini


Tag : Visual Studio 2017, Tutorial Visual Studio, Website dengan ASP.NET MVC, Menghubungkan Aplikasi dengan database, Mengunakan SQL Server, Menambah tabel di SQL Server, Membuat aplikasi dengan mudah dan cepat, Membuat Website, Membuat Aplikasi


EmoticonEmoticon